15 Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan

Manfaat Minum teh untuk kesehatan – Saat cuaca dingin atau sedang mengerjakan sebuah pekerjaan di malam hari memang paling enak kalau kita meminum secangkir teh. Saya sendiri lebih suka membuat teh daripada membeli minuman bersoda. Apalagi aktivitas malam saya adalah ngeblog di depan komputer, rasanya suntuk juga bila tidak makan atau minum sesuatu. jadi saya memutuskan untuk meminum Teh saja sambil ngeblog.

Sudah Lama saya melakukan aktivitas minum teh, Pas malam ini saya mendapatkan ide untuk mengetahui dampak minum teh terhadap kesehatan. Berikut ini manfaat minum teh bagi kesehatan :
1. Menurut Dr. Carrie Ruxton yang merupakan ahli nutrisi dan peneliti mengatakan bahwa minum teh lebih baik  daripada minum air putih ternyata manfaat minum teh dapat menggantikan cairan yang hilang, teh bermanfaat ganda dapat menghilangkan cairan dan juga mengandung antioksidan. Flavonoid merupakan antioksidan di dalam teh mampu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas.
2. Teh bisa membangkitkan semangat orang, memperkuat kemampuan berpikir dan mengingat.
3. Teh dapat menghilangkan rasa lelah, mendorong metabolisme, serta memiliki fungsi memelihara kemampuan reguler jantung, pembuluh darah, usus lambung dan fungsi lainnya.
4. Minum teh memiliki manfaat yang sangat baik terhadap pencegahan kerusakan gigi. Menurut penyelidikan dari Inggris menunjukkan, bahwa anak-anak yang sering minum teh, kerusakan giginya dapat berkurang 60%.
5. Daun teh mengandung tidak sedikit unsur mikronutrein yang bermanfaat terhadap tubuh.
6. Daun teh memiliki efek mengekang tumor ganas, dan dapat secara nyata menghambat pertumbuhan sel kanker.
7. Minum teh dapat menghambat sel menjadi tua, sehingga bisa memperpanjang umur. Efek anti penuaan daun teh adalah 18 kali lipat lebih besar dari vitamin E.
8. Minum teh dapat memperlambat dan mencegah pembentukan bintik lemak pada selaput dalam pembuluh darah, mencegah pengerasan pembuluh nadi, tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah otak.
9. Minum teh dapat merangsang saraf pusat dan memperkuat kemampuan gerakan.
10. Minum teh mempunyai efek mengurangi berat badan dan efek kecantikan, khususnya teh wulong lebih nyata terhadap efek tersebut.
11. Minum teh dapat mencegah katarak karena usia lanjut.
12. Daun teh mengandung asam tanat yang dapat membunuh aneka macam bakteri, maka dapat mencegah dan menyembuhkan radang rongga mulut, radang kerongkongan tenggorokan dan radang usus maupun disentri yang mudah terjadi pada musim panas.
13. Minum teh dapat melindungi  fungsi pembuatan darah. Dalam daun teh mengandung zat proteksi radiasi, menonton TV sambil minum teh dapat mengurangi bahaya radiasi TV, sekaligus dapat melindungi penglihatan.
14. Minum teh dapat memelihara keseimbangan asam dan basa dalam darah. Daun teh mengandung kafein, theophilline (basa teh), theobromine (basa kakao), xanthine (purine kuning) dan lain-lain zat alkaloid, adalah suatu minuman bersifat basa yang sangat baik. Air teh bisa dengan segera diserap ke dalam tubuh dan dioksidasi, menghasilkan kekentalan metabolit sifat basa yang lebih tinggi, dengan demikian dapat dengan segera menetralisir metabolit bersifat basa dalam darah.
15. Mencegah kepanasan oleh matahari dan menurunkan suhu badan. Setelah 9 menit minum teh hangat, suhu kulit menurun 1-2 derajat celcius sehingga orang merasa segar dan kering, sedangkan setelah minum minuman dingin suhu kulit menurun tidak jelas seberapa.

Itulah beberapa manfaat minum teh, ternyata minuman teh yang telah ada sejak lama khasiatnya lebih baik daripada minuman yang ada sekarang.

4 Responses to "15 Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan"

  1. ada beberapa aturan minum teh kawan, antara lain, teh sebaiknya di konsumsi paling tidak 2 jam sebelum atau sesudah makan (makan pagi, siang atau malam), karena teh memiliki zat yg bisa menghambat penyerapan zat besi. Misalnya anda makan COTO, SOP SAUDARA atau KONRO, maka pasangan minuman yg paling baik adalah JUICE BUAH, jangan TEH, karena anda tidak akan mendapatkan manfaat zat besi (yg kaya pd makann tersebut) jika minumannya adalah TEH.

    BalasHapus
  2. oh iya satu hal lagi kawan, kalau anda menggunakan TEH CELUP, sebaiknya jangan direndam terlalu lama, paling tidak sekitar 2-3 menit saja, karena kertas pembukus dari TEH CELUP di duga mengandung clorine yg akan melebur saat diseduh dengan air panas. So, paling aman kembali ke jenis teh TEMPO DOELOE yg pake tapisan, heheheh......

    BalasHapus
  3. Mkasih atas Info Tambahannya Kawan.. :-)

    BalasHapus
  4. sama-sama kawan, hehe...terima kasih juga kawan, tulisan ini menginspirasi sy untuk membuat tulisan dg topik yg sama (TEH) dan sy buat backlink ke tulisan ini, baca disini : http://gizimu.com/cara-bijak-minum-teh.html

    BalasHapus