Latest News

Teh Hijau dan manfaatnya

Teh Hijau -  Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Jujur saja saya baru mendengar istilah teh hijau ini. Memang teh yang selama ini kita minum dan dijual di pasaran berasal dari daun teh yang berwarna hijau. Tapi ternyata bukan itu yang dimaksud dengan teh hijau.

Saya juga penasaran dengan teh hijau ini, saya kemudian mencari literatur mengenai apa itu teh hijau dan manfaatnya. Teh hijau ternyata telah dikenal baik di Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam. Ternyata teh hijau ini terdapat perbedaan-perbedaannya sehingga harga jualnya juga berbeda.
Berikut ini beberapa jenis teh hijau yang umum :
Gyokuro
Teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha. Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.
Matcha
Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.
Sencha
Teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.
Genmaicha
Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.
Kabusecha
Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.
Bancha
Teh kasar yang dibuat dari panenan yang kedua kali antara musim panas dan musim gugur. Daun teh untuk teh bancha biasanya lebih besar dari daun teh sencha dan aromanya tidak begitu harum.
Hōjicha
Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.
Kukicha
Teh berkualitas rendah dari daun teh bercampur tangkai daun teh.
Manfaat Teh Hijau
Berikut ini beberapa manfaat teh ketika anda rajin mengkonsumsi teh hijau
1. Teh hijau memiliki manfaat yang sama dengan teh biasa yaitu sebagai antioksidan yang berfungsi  menetralisir racun di tubuh kita.
2. Teh hijau dapat menjaga keseimbanga nkolesterol di dalam tubuh agar tetap baik mencegah kanker dan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko stroke dan berbagai penyakit hati (lever), menjaga stamina dan menghilangkan keletihan, sebagai anti radang tenggorokan, mencegah gigi berlubang, dll.
3. teh hijau juga dapat memperkuat sistem pencernaan.Teh hijau juga diketahui memiliki kandungan senyawa epigallocatechin gallate yang diketahui dapat menghambat perkembangan senyawa karsinogenik, sehingga dapat mencegah pembentukan kanker.
4. Manfaat teh hijau yang lain adalah dapat mencegah kerontokan pada rambut, menghilangkan ketombe, serta mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit kepala. Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin E dalam teh hijau dapat membantu menguatkan dan melembabkan rambut, sehingga rambut kita dapat menjadi lebih tebal dan tidak mudah kering, rontok, ataupun patah.
Itulah beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan. Dibalik warna teh ya yang berwarna hijau ternyata menyimpan sejuta manfaat

0 Response to "Teh Hijau dan manfaatnya"