Latest News

Guru terbaik adalah orang Jakarta

Monas  Jakarta
       Suatu hari seorang dosen Luar biasa mengajar di kelas saya, beliau mengajarkan mata kuliah evolusi. Beliau adalah seorang guru dan dosen yang sangat profesional. walaupun hanya menyelesaikan studinya di strata 1 tetapi ilmunya setara dengan profesor, beliau bahkan mengajar sebagai dosen pascasarjana di salah satu pergunuan tinggi negeri di Kota Makassar. Beliau adalah Muh. Said Arman.

       Dalam mengajar beliau tidak hanya mentransferkan Ilmunya tetapi juga mengajarkan Tips bagaimana cara mengajar yang baik,bermanfaat dan menyenangkan.

       Salah satu cara mengajar yang masih tersimpan dikepalaku hingga saat ini, beliau pernah berkata "Jadilah orang jakarta agar mengajarmu bagus". Saya heran kok Jadi orang jakarta? Kita kan orang sul-sel.


       Ternyata Jakarta sendiri adalah singkatan dari Jago Karang Cerita. Kompak teman-teman sekelas saya tertawa terbahak-bahak, beliau memang orang jago karang cerita saat mengajar. Sehingga mata kuliah beliau pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan walaupun mata kuliahnya itu sulit.

       Selain itu, Beliau juga pandai membuat istilah-istilah menarik buat kita salah beberapa diantaranya TBC (Tidak Bisa Komputer)Mahasiswa Kudis (Kurang Disiplin) Mahasiswa Asma (Asal Masuk) dll,Pokoknya banyak deh.

       Kembali ke Cara mengajar yang terbaik jadi orang jakarta, Jadi orang jakarta Bukan berarti kita harus mengubah Akta kelahiran kita menjadi Jakarta, Tetapi Menjadi seorang guru kita dituntut untuk pandai mentransferkan ilmu, salah satu metode pembelajaran adalah dengan bercerita tentang hal-hal yang tidak melenceng dari bahan pembelajaran. Apalagi dalam mengajar Biologi, Sangat susah Untuk memberikan kepada siswa-siswi, sehingga membuat sebuah alur cerita mengenai sebuah materi ajar tersebut menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Contoh mengajar dengan cara orang jakarta: Saat pelajaran genetika yang mengajarkan tentang perbandingan sifat, seorang guru bisa menganalogikan sebuah gen dengan berbagai jenis kue, sehingga para siswa sendiri juga mudah memahaminya. Untuk mata pelajaran lainnya tinggal bagaimana kreatifitas seorang guru membuat cerita yang sesuai.

0 Response to "Guru terbaik adalah orang Jakarta"