Latest News

Manfaat buah srikaya

Buah srikaya tidak jauh berbeda dengan buah sirsak. Di mana buah srikaya memiliki ukuran bentuk yang lebih kecil dibanding
buah sirsak . Dari segi rasa ternyata memiliki sedikit kemiripan yaitu sedikit asam manis. Dari segi isi, srikaya dan sirsak sama-sama memiliki daging buah yang putih dan biji kecil hitam. hal inilah yang terkadang menyebabkan kekeliruan bagi sebagian orang untuk membedakan keduanya. Saya juga sempat merasakan nikmatnya memakan srikaya langsung dari Kebunnya sendiri, saat itu saya sedang melaksanakan KKN di sebuah desa yang memiliki kebun srikaya. Siapa sangka dibalik rasanya yang sedikit asam, srikaya memiliki manfaat yang begitu banyak bagi manusia. Manfaat buah srikaya ini jika dimanfaatkan sedemikian rupa, maka bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tersendiri.
srikaya
Berikut ini beberapa manfaat buah srikaya yang mungkin baru kita ketahui
1. Biji Srikaya berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kandungan yang terdapat dalam biji antara lain minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan.
2. Daun Srikaya rasanya pahit, kelat, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat astringen, anti radang, peluruh cacing usus (antheimintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses.
3.Daun digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema.
4. Biji Srikaya berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kandungan yang terdapat dalam biji antara lain minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan.
5. Kulit kayu berkhasiat astringen dan tonikum, bisa digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah. kulit kayu mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene, dan alkaloid anonain.
6. Buah Srikaya yang masih muda mengandung tanin dan berkhasiat untuk mengatasi diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia). (sumber)

Subhanallah, ternyata begitu banyak manfaat buah srikaya bagi umat manusia. Kita harusnya bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua.

0 Response to "Manfaat buah srikaya"