Latest News

Labirin Bunga Di loka Camp Bantaeng

Suatu hari di kelas biologi sedang mengikuti mata kuliah Botani Tingkat Tinggi (BTT). Saat itu sang dosen ahli tumbuhan dari Universitas ternama di kota makassar berkata di akhir pelajarannya
"Bulan depan kita akan melaksanakan praktikum lapangan di loka camp bantaeng", Asyik jalan-jalan kata teman-teman sekelasku.
"Disana terdapat banyak sekali tanaman yang sesuai dengan mata perkuliahan kita". Horee, foto-foto, kata teman-temanku bersorak.
"Walaupun kalian ingin sekalian berekreasi, tetapi kegiatan praktikum harus tetap berjalan sebagaimana mestinya. Oke?. Oke buu, jawab kami dengan serentak.
Jika kita ingin berwisata di kabupaten bantaeng, pastinya fikiran kita akan tertuju pada Loka Camp, yang merupakan objek wisata andalan Kabupaten Bantaeng. Saya baru sekali diberi kesempatan untuk berkunjung di tempat tersebut, tetapi 1 kesempatan itu telah menyimpan banyak kisah dan kenangan yang indah di hidupku.haha

Sabtu pagi, cuaca sangat cerah, tepatnya ditahun 2011 waktu itu, saya bangun pagi dengan perasaan yang senang, sebab hari itu saya dan teman-teman seangkatan mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Makassar akan berkunjung ke Objek Wisata Loka Camp di kabupaten bantaeng.
Dalam perjalanan kali ini saya menyiapkan lebih banyak perlengkapan, sebab kabupaten bantaeng juga terkenal dengan hawa lingkungan yang cukup dingin.
Perjalanan mencapai Loka camp menggunakan Bis ternyata tidak mulus, jalanan yang berlubang sangat banyak ditemui di perjalanan, belum lagi beberapa pegunungan yang kami lewati cukup terjal.
Setelah menempuh perjalanan 7 jam dari kota makassar, akhirnya kami sampai juga di loka camp. Lokasi tempat praktikum lapangan kami, hawa dingin seakan ingin menusuk tulang sangat terasa begitu memasuki wilayah bantaeng. Tetapi semuanya terbayar sudah ketika kita di sambut dengan bunga-bunga yang berjejer rapi di halaman rumah warga. Salah satu tujuan utama pemerintah Kabupaten Bantaeng adalah mewujudkan kabupaten bantaeng sebagai kota bunga.
Loka camp
Hari pertama kami dihabiskan untuk melakukan penelitian kerapatan tumbuhan di wilayah yang telah ditentukan. Di hari pertama ini kami kerja keras untuk bisa melakukan penelitian dengan sebaik-baiknya. Berhubung jumlah spesies tumbuhan di loka camp cukup beragam, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi penelitian kerapatan tumbuhan.
Sementara dihari kedua dihabiskan dengan berjalan berkeliling di bagian pegunungan untuk melihat keragaman ekosistem.
Di sepanjang perjalanan, mata kami disuguhkan oleh begitu banyaknya bunga-bunga yang indah berjejeran di sepanjang jalanan. Beragam bunga yang warna warni membuat kamera saya kelelahan menjepret setiap momen cantik di setiap sudut jalan.
Tak terasa perjalanan kita telah sampai pendakian pegunungan. hari itu kami memang berencana untuk mengunjungi perkebunan apel dan strawberry. Jalanan yang susah dilalui oleh bis membuat kami harus berjalan kaki hingga sampai ke puncak gunung. Dalam perjalanan ini lagi-lagi kami disuguhkan oleh pemandangan yang indah dari ketinggian. Kita dapat melihat beberapa tempat yang rendah dan beberapa kabupaten di sulawesi selatan. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan, tetapi dari pengamatan saya ada beberapa kekurangan.
Saya memperhatikan wilayah tersebut cukup sepi, padahal Loka Camp  ini merupakan objek wisata andalan kabupaten bantaeng. Tak ada satupun turis maupun pengunjung yang datang selain kami para mahasiswa. Mungkin saja dikarenakan objek wisatanya yang terbilang biasa dan sudah banyak yang mirip dan bahkan lebih menarik dari loka camp.
Sepertinya objek wisata loka camp yang berada dipegunungan kabupaten bantaeng ini masih kurang mendapat perhatian dari dinas pariwisata. Coba saja kalau objek wisata cantik ini dibuat beda dari yang lainnya, pastinya banyak para wisatawan domestik maupun internasional berkunjungan di Loka Camp bantaeng.
Saya memiliki  saran dan ide yang mungkin dapat membantu pemerintah pariwisata untuk meningkatkan keindahan objek wisata Loka camp bantaeng. Apalagi terkait event “Visit South Sulawesi 2012” semoga Loka Camp dapat menjadi tempat yang enarik dikunjungi.
Bagaimana kalau Dibuatkan Labirin Bunga di loka Camp?. Mungkin ide saya cukup gila untuk di buatkan labirin di loka camp. Labirin kebanyakan hanya disusun dari tumbuh-tumbuhan yang berwarna hijau, terus para wisatawan disuruh masuk mengitari labirin tersebut dan berusaha untuk keluar dari labirin tersebut. Saya punya ide, bagaimana kalau kita buat labirin di atas gunung Di loka? Labirinnya yang unik lain dari pada yang lainnya, dimana labirin tersebut dibuat dari serangkain jenis bunga-bunga tertentu. Jadi nantinya pada saat berbunga bersamaan, maka labirin tersebut akan terlihat berwarna warni tergantung model dekorasinya. Labirin tersebut nantinya dibuat didataran datar diatas pegunungan sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan labirin bunga tersebut.
Menurut saya, para wisatawan baik domestik maupun mancananegara sudah bosan dengan model objek wisata yang itu-itu saja, mereka menyukai hal-hal yang unik dan lain daripada yang lainnya. Apalagi di kawasan Loka Camp Bantaeng biasa terdapat kabut yang cukup indah.
Tidak adanya tempat penginapan sejenis villa membuat para wisatawan enggan untuk berlama-lama berada di loka camp bantaeng. Sebaiknya di diusahakan untuk pengadaan beberapa villa penginapan buat para wisatawan. Malam hari memang waktu yang cukum nyaman menikmati hawa dingin pegunungan loka bantaeng dengan ditemani segelas kopi panas.

Kabut Loka kamp bantaeng

3 Responses to "Labirin Bunga Di loka Camp Bantaeng"

  1. labirin bunga..ide yang sangat bagus untuk pengelola loka camp bantaeng, siapa tahu dengan demikian bisa memancing minat para turis lokal atau mancanegara berkunjung ke tempat ini,
    selamat berlomba salam sukses selalu kawan :)

    BalasHapus
  2. sya mesti backpakeran ke sulsel nih,,,hehe

    sukses ya
    senang bisa bergabung
    Berkunjung juga Ke Blog saya juga ya

    BalasHapus
  3. Daftar tempat wisata dan artikel wisata dapat anda baca di wistaindonesiaraya.com
    Daftar batik yang ada di Indonesia dan artikel tentang batik dapat anda baca di tentangbatik.com

    BalasHapus