Latest News

Ditemukan Ikan Penipu Di Sulawesi

Ikan Penipu – Ikan Penipu mungkin inilah julukan yang bisa diberikan untuk ikan jawfish yang baru-baru ini ditemukan oleh Luiz Rocha dan Rich Ross yang merupakan peneliti dari California Academy . Penipu di sini artinya hewan tersebut mampu melakukan kamuflase (penyamaran) dengan hewan pemangsanya sehingga tidak terlhat oleh pemangsanya.
Ikan penipu tersebut ditemukan oleh penyelam Godehard Kopp ketika sedang menyelam di Selat Lembeh, Sulawesi Utara. Ikan penipu tersebut diperkirakan merupakan black-marble jawfish (Stalix cf. histrio).

Kopp merekam perilaku ikan penipu tersebut. Dalam rekamannya, ikan penipu itu sedang berada di dekat Gurita Penyamar (Thaumoctopus mimicus), salah satu master komunflase alias penipu spesies lain.

Ikan penipu tampak mengikuti ke mana pun gurita pergi. Ikan itu bahkan tampak bagai tentakel gurita penyamar. Ia bergerak mengikuti ke mana pun sang gurita penyamar pergi. Alhasil, ikan penipu itu sukses mengelabuhi gurita penyamar yang tak menyadari bahwa di dekatnya ada spesies berbeda yang mungkin saja bisa dijadikan mangsa.

Hasil rekaman tersebut dikirimkan ke Luiz Rocha dan Rich Ross, biolog dari California Academy of Sciences. Hasil analisis kemudian dipublikasikan di jurnal Coral Reefs.
Rocha dan Ross terkejut dengan penemuan ini. Seperti dikutip National Geographic, Kamis (5/1/2012), Rocha mengatakan, "Kita tidak pernah melihat yang seperti itu sebelumnya."


Penemuan jawfish di lautan terbuka juga tak biasa sebab biasanya ikan jenis itu mengubur diri di pasir. Rocha dan Ross juga masih bingung apakah ikan tersebut selalu melakukan komuflase yang sama ketika berada di dekat gurita.
Sejauh ini, jenis ikan masih merupakan perkiraan sebab perilakunya baru dijumpai kali ini. "Ikan yang dijumpai di Indonesia ini mungkin saja merupakan spesies baru," kata Rocha.

Black-marble jawfish merupakan spesies yang tersebar dari perairan selatan Jepang hingga Indonesia. Rocha yakin bahwa dalam cakupan wilayah yang begitu jauh, tak mungkin jawfish yang ada merupakan satu spesies.
Penemuan yang Menakjubkan tentang ikan penipu di Sulawesi Utara menambah Keanekaragaman Spesies yang sangat berlimpah di Indonesia. Tetapi sayangnya pengrusakan terhadap Ekosistem Laut di Indonesia masih sangat besar dan sangaat sering terjadi. Semoga Kita sadar akan pentingnya menjaga Ekosistem Di Wilayah Indonesia
Berikut ini gambar-gambar Ikan Penipu di Sulawesi Utara.




1 Response to "Ditemukan Ikan Penipu Di Sulawesi"

  1. SUDAH BOSEN DENGAN GAME ONLINE ITU-ITU SAJA DAN MASIH BELUM MENDAPATKAN GAME ONLINE BARU LAGI??

    JIKA BELUM MENDAPATKAN GAME BARU YANG ANDA CARI MARI BERGABUNG SEKARANG JUGA BERSAMA INDOMONOPOLY GAME SATU-SATU NYA TERBARU YANG MENGGUNAKAN UANG ASLI INDONESIA..

    HANYA DEPOSIT 20.000 & WITHDRAW 50.000 DAN ANDA SUDAH BISA MENIKMATI SUASANA GAME YANG BERBEDA DARI GAME LAIN NYA YANG PERNAH ANDA MAIN KAN..

    KOMISI REFERRAL 50% UNTUK SEMUA MEMBER DAN ACCESSORIES 7HARI SECARA RANDOM

    AYOO JADILAH JUTAWAN PERTAMA DI INDOMONOPOLY SEKARANG JUGA..

    UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI TEAM LIVECHAT KAMI RAMAH SIAP MELAYANI CHAT ANDA 24JAM..

    DAN DI BACA ARTICEL-ARTICEL MENARIK NYA YA:

    http://idrmonopolyindo.blogspot.com

    fans page facebook https://goo.gl/vHund8

    line official http://bit.ly/1PyPyKP

    BBM Pin : 5649B320

    Line : hermilyrostan

    BalasHapus