Latest News

Cara mencegah gigi berlubang

       Gigi berlubang merupakan masalah serius yang sering mengganggu kita walaupun cuman gigi yang berlubang tetapi dampaknya sanga berbahaya. Gara-gara gigi berlubang kita tidak dapat merasakan kenikmatan mencicipi makanan yang kita makan. Bagi anak-anak remaja juga kesulitan bila ingin mendaftarkan dirinya sebagai polisi atau polwan karena salah satu syarat bisa lulus jadi polisi dan tentara adalah memiliki gigi yang utuh tidak berlubang.

Berikut ini saya akan membagikan cara mencegah gigi berlubang karena sebaiknya kita mencegah daripada mengobati :

1. Kurangi konsumsi yang asam-asam atau yang kecut
       Anak-anak yang semasa kecilnya selalu memakan mangga dan sering mengonsumsi cuka pasti akan memiliki gigi yang berlubang nantinya. Selain tidak baik buat gigi, sering mengonsumsi makanan asam dapat menggangu pertumbuhan tulang anak-anak. Biasanya tulangnya akan mudah keropos.Jadi saya sarankan sejak dini untuk mengurangi konsumsi makanan asam

2. Makanlah makanan yang keras
       Sering memakan makanan yang keras justru baik untuk mencegah gigi berlubang karena dapat melatih kekuatan gigi. Hal ini telah terbukti melalui fosil nenek moyang kita yang ditemukan masih memiliki gigi yang bagus dan utuh, kenapa bisa? Sebab semasa hidupnya mereka sering mengonsumsi makanan yang masih keras. Namun sayangnya sekarang masyarakat justru tidak suka dengan makanan yang keras dan cenderung memilih makanan yang lembek dan mudah digigit. Terbukti saat ini hampir semua makanan anak-anak dan dewasa sekarang lembek-lembek.

3. Jangan mengonsumsi junk food
       Istilah junk food (makanan sampah) cenderung jadi idola masyarakat sekarang. Junk food adalah makanan yang enak tetapi tidak mengandung gizi sama sekali, dan bahkan ada yang mengandung racun. Contoh makanan junk food : semua makanan cepat saji dan makanan yang menggunakan bahan pengawet.
Jadi cobalah untuk tidak lagi mengonsumsi makanan junk food karena jelas akan memuat gigi menjadi berlubang terlebih lagi system pencernaan kita akan rusak.

4. Rajin membersihkan gigi
       Cara yang paling efektif dan paling mudah mencega gigi berlubang adalah dengan rajin menggosok gigi minimal 2x sehari. Kita tidak tahu seberapa banyak racun dan bahan bebahaya yang telah masuk dan menempel di gigi kita yang akan meembuat gigi menjadi berlubang.

       Itulah 4 cara mencegah gigi berlubang ala biologi news. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Bantulah anak-anak Indonesia agar terhindar dari gigi berlubang dengan menyebarkan artikel ini dan member komentar.


0 Response to "Cara mencegah gigi berlubang"