Latest News

5 Manfaat buah mangga muda dan mangga masak

Buah mangga salah satu buah favoritku ketika masih kecil.. Saya masih ingat betul ketika makan buah mangga setelah pulang sekolah menggunakan sambal gula merah. Buah mangga memang menjadi idola, tidak hanya mangga yang sudah masak, tetapi yang masih mentah pun juga disukai. Ada beberapa jenis mangga di Indonesia, ada mangga manalagi, mangga golek, mangga harum manis. dll. mangga mana yang anda suka ?
Buah mangg (mangifera indica) awalnya berasal dari tanah India, tetapi berkat teknologi terkini, buah mangga sudah tersebar di penjuru dunia. Buah mangga bisa di temukan di daerah dataran rendah, tetapi juga ada beberapa yang dapat tumbuh di ketinggian 600 meter  dari permukaan laut.
buah mangga
Tahukah anda apa saja manfaat buah mangga bagi kesehatan manusia ? mengapa buah mangga muda jadi favorit ibu hamil ? berikut ini penjelasan manfaat buah mangga :
1. Sumber antioksidan
Di dalam buah mangga terdapat sumber beta-karoten, vitamin C dan kalium. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.
2. Kandungan vitamin c yang tinggi
Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.
3. kandungan kalium yang melimpah
Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harum manis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.
4. Membantu pencernaan
Mangga memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein serta membantu proses pencernaan.
5. Baik untuk ingatan
Glutamin terdapat di dalam buah mangga. Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori.
Walaupun buah mangga memiliki banyak manfaat, tetapi sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya. Buah mangga mengandung asam yang dapat membuat gigi kita menjadi mudah keropos.

0 Response to "5 Manfaat buah mangga muda dan mangga masak"