Evolusi

Evolusi adalah suatu perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama. Perubahan yang terjadi adalah  menuju semakin kompleksnya struktur dan fungsi makhluk hidup dan semakin banyaknya ragam yang ada. Selain perubahan yang disebut perubahan progresif, dikenal pula adanya perubahan yang retrogresif. Dalam hal ini makhluk hidup cenderung menuju ke kepunahan. Kepunahan tidak hanya terjadi karena semakin mundurnya struktur dan fungsi tetapi bisa pula terjadi karena perkembangan struktur yang melebihi proporsinya
.
          Pikiran tentang evolusi sudah tercetus jauh sebelum teori Charles Darwin, bahkan beberapa ratus tahun sebelum masehi, namun sifatnya masih sepotong-sepotong dan tidak didasari oleh fakta, lebih-lebih yang sifatnya yang realistik. Fakta yang dikemukakan umumnya hanya terbatas pada fakta yang menyangkut makhluk hidup itu sendiri, tanpa memperhitungkan lingkungan hidupnya.

        Teori charles darwin membuka perspektif baru dalam proses evolusi makhluk hidup khususnya. biologi pada umumnya karena meskipun mengandung ungkapan-ungkapan yang mengandung tantangan, juga berisi tatangan yang menuntut para ahli biologi untuk menelaah teori Darwin dengan teori-teori baru yang ilmiah.
Sumber : Drs. Prawoto dkk. Evolusi 1987

0 Response to "Evolusi"

Posting Komentar