Latest News

Pucak Maros, Objek Wisata yang mesti kita jaga


Objek Wisata Pucak Maros –  Anda hoby jalan-jalan atau berpetualang? suka melihat  panorama keindahan alam Indonesia. Atau suka jalan-jalan ke objek wisata di sulawesi selatan? . Ternyata selain Bantimurung Objek Wisata terbaik di sulawesi selatan ternyata ada 1 lagi kawasan wisata terbaik di sulawesi selatan yaitu Objek wisata pucak di kabupaten maros.
Pucak Maros


           Saya sendiri baru pertama kalinya datang berkunjung di kawasan objek wisata ini. Pucak adalah objek wisata yang terdapat di daerah pegunungan dimaros. Letaknya yang yang lumayan jauh dan jalanan yang sedikit rusak membuat kawasan ini mungkin kurang diminati.
           Hari ini saya sempat berkunjung ke kawasan pucak maros dalam rangka untuk mengecek lokasi yang akan digunakan oleh mahasiswa pendidikan biologi UIN alauddin Makassar untuk praktek lapangan.
           Perjalanan yang jauh dan sedikit rusak harus saya lewati bersama teman-teman untuk mencapai daerah Pucak Maros. Perjalanan sejauh 20 km mesti ditempuh selama 1 jam karena ada banyak jalan yang sedikit rusak mesti dilewati.
             Jam 14.00 Wita kami tiba di lokasi Pucak Maros, perjalanan yang cukup melelahkan membuat kami serasa ingin beristirahat sejenak, sebelum memasuki kawasan pucak maros, kita harus mendaftar dulu per orang. Begitu memasuki area Pucak Maros terlihat pemandangan yang cukup indah untuk refresing. Rasanya ingin cepat-cepat bermain di areal tersebut, tetapi kami harus menyelesaikan tujuan awal kita  dahulu yakni melobi pemilik kawasan ini untuk kegiatan praktikum beberapa waktu akan datang. Mulai dari Penyewaan tempat, makanan, dan lokasi yang akan digunakan untuk praktikum dan mengambil spesimen.
             Diskusi mengenai lokasi untuk praktikum berlangsung cukup lama, mengingat memang banyak yang mesti dipersiapkan untuk praktikum tersebut, mengingat ada sekitar 60 orang nantinya yang akan melaksanakan praktikum tersebut.
              16.00 Wita  akhirnya diskusi terselesaikan, kini saatnya berkeliling di kawasan objek wisata Pucak maros , inilah hal yang paling kutunggu-tunggu.
              Pertama-tama kami menyusuri bagian jalanan sampai menemui  objek wisata air, disini merupakan tempat bermain air seperti bermain perahu air sekaligus tempat memancing, ikan disina lumayan besar-besar loch, tetapi kita harus membawa pancing milik sendiri untuk dapat memancing di sini. Selain itu yang menarik juga adalah terdapat jembatan merah, Jembatana Merah Pucak Maros ini merupakan jembatan yang berada di tengah-tengah danau menghubungkan kita dengan sebuah kafe di seberang.
Setelah melalui Jembatan merah, Saya dan teman-teman berpindah lokasi menuju ke tempat penangkaran buaya. Di tempat ini beberapa ekor buaya tinggal, tetapi sayangnya waktu itu kami tidak sempat melihat buayanya. Entah mereka sudah kekenyangan sehingga tidak muncul di permukaan air atau gimana.
  Setelah dari penangkaran buaya, masih terdapat kolam ikan, tempat pemeliharaan rusa, kambing, dan lain-lain. Tempat terakhir yang kami kunjungi adalah penangkaran burung-burung langka. Di tempat ini baru pertama kalinya saya melihat burung, cendrawasih, burung beo, burung jalak,anoa dan beberapa burung langka lainnya. Sayangnya di tempat ini terdapat banyak sangkar tetapi hanya beberapa saja yang terisi oleh burung langka, itupun jumlahnya hanya 1 untuk tiap jenis. Hewan-hewan ini perlu kita jaga kelestariannya mengingat ini merupakan merupakan hewan asli dari indonesia yang termasuk kategori hewan langka.




        Setelah puas melihat-lihat hewan langka tersebut, saatnya untuk mandi-mandi di kolam renang pucak Maros. Tidak seru juga kalau terdapat kolam tapi kita tidak mandi. Kalau anda tidak membawa celana mandi jangan khawatir, di tempat ini disediakan penyewaan celana renang, cukup membayar Rp. 5000 kita sudah bisa memakai celana renang tersebut untuk berenang sepuasnya. Tetapi jangan lupa dikembalikan setelah menggunakannya yach.
Itulah sedikit cerita mengenai perjalanan di salah satu kawasan wisata Pucak Maros. Baca juga Bantimurung Objek Wisata Terbaik Di sulawesi Selatan, Walaupun di tempat ini saya belum pernah sama sekali mengunjunginya

0 Response to "Pucak Maros, Objek Wisata yang mesti kita jaga"