Efek Baik Ketika Berhenti Merokok

               Efek Baik Ketika Berhenti Merokok – Berita yang menggembirakan buat para perokok yang benar-benar ingin berhenti dari kebiasaan merokok. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Wisconsin melihat dampak psikologis dari orang yang berhenti merokok serta menghubungkannya dengan kualitas hidup yang dimiliki.

                 Saat ini banyak  perokok berat yang ingin menghentikan kebiasaan merokoknya, entah karena faktor kesehatan maupun faktor lainnya. Bagi sebagian perokok, merokok merupakan solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. Dengan menghisap sebatang rokok maka seolah-olah pikiran jadi nyaman, tetapi menurut penelitian dari University of Wisconsin dengan berhenti merokok justru akan membuat hidup mereka lebih nyaman.

                 Peneliti menemukan para perokok umumnya memiliki kekhawatiran tentang penurunan kemampuan dalam mengatasi stres dan efek negatif, pengucilan sosial, kehilangan kesenangan dan keinginan yang kuat ketika ia berhenti merokok.


                     Studi yang dipimpin oleh Dr Megan Piper mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini bisa memberikan informasi tambahan yang penting bagi para perokok yang tengah mempertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut.


                    "Berhenti merokok memang sulit, tapi jika berhasil melakukannya maka bisa meningkatkan kesehatan dan merasa lebih baik secara keseluruhan termasuk tidak meningkatkan kadar stres," ujar Dr Piper, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (15/12/2011).
Selain itu dibandingkan dengan perokok, orang yang berhenti merokok akan memiliki emosi yang lebih positif serta memiliki rasa tertekan yang lebih sedikit meski baru memasuki tahun pertama.


                      "Perokok mungkin berpikir berhenti merokok akan mengurangi kepuasan hidup atau kualitas hidupnya, karena mereka percaya hal itu mengganggu rutinitas yang menyebabkan hilangnya kehikmatan yang berhubungan dengan rokok sehingga berpikir akan lebih stres jika berhenti," ungkapnya.


                    Namun hasil studi yang dilaporkan dalam Annals of Behavioural Medicine justru menemukan orang yang berhenti merokok akan lebih bahagia dan lebih puas dengan kehidupannya dibanding orang yang masih merokok.
Studi ini melakukan uji coba kelompok terkontrol serta plasebo dengan melibatkan lebih dari 1.500 perokok laki-laki dan perempuan yang kemudian diminta untuk mencoba dan berhenti dari kebiasaan itu. Jadi bagi yang sedang berjuang untuk berhenti merokok tetap semangat karena hari terang telah menantimu

4 Responses to "Efek Baik Ketika Berhenti Merokok"

  1. hidupsehat dengan berhenti merokok

    BalasHapus
  2. iya bener tu mas,,,,
    sangat bener,
    tapi mas efek buruk ketika berhenti merokok ada gk mas???

    BalasHapus
  3. sampai detik ini , aku perokok berat. Dan sangat benar, aku takuk tidak bahagia jika aku berhenti rokok. Terima kasih infonya. Sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  4. Nice blog.
    Ijin share y :)
    Thanks B4

    BalasHapus