Latest News

Tips Ngeblog: Liat Tingkahmu

Liat tingkahmuTulisan ini berasal dari sebuah perenungan dalam mencari jati diri sang penulis…..

       Ngeblog kini bukan lagi hanya milik orang-orang IT, tapi sekarang sudah merambat ke seluruh kalangan di masyarakat, Tak terkecuali siswa dan orang tua. Menulis online atau dalam istilah kerennya disebut ngeblog kini berkembang dengan sangat pesat. Banyak pakar mengatakan bahwa seorang blogger akan memiliki masa depan yang cerah, blog sekarang bukan lagi tempat main-main belaka, tetapi sudah dijadikan hal yang serius.

        Beberapa bulan belakangan ini maraknya perkembangan didunia blog, sampai-sampai banyak kompetisi blog yang berlangsung. Kompetisi tersebut tak lain untuk memperlihatkan kreatifitas dan kehebatan para blogger dalam menulis artikel terbaiknya.

Apa yang diinginkan oleh blogger?

Para blogger khususnya di indonesia butuh ide agar dapat membuat tulisan yang terbaik dan bermutu untuk para pembaca. Sehingga setiap tulisannya tak menjadi sampah, sehingga membuat orang menjadi malaz membaca sekaligus membuat blogger menjadi putus asa.

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan kualitas tulisan mereka dan dilirik oleh para pembaca. Cara yang paling sederhana tetapi cukup ampuh adalah dengan memperhatikan tingkah kita. Kok bisa? kenapa mesti tingkah kita yang mesti diperhatikan? Benar gak sich itu?
Berikut ini penjelasannya.

1. Amati apa yang kita butuhkan
Amati apa yang paling kita butuhkan, apa yang paling sering kita cari di search engine. Tentunya apa yang kita cari adalah apa yang kita inginkan, bukan?. Ya kita tidak mungkin mencari sesuatu yang tidak kita inginkan. Lalu? apa hubungannya? Setelah tau apa yang paling sering kita cari, maka buatlah tulisan/artikel tentang hal-hal tersebut.
Setelah selesai membuat tulisan tersebut setidaknya sudah ada 1 orang yang membutuhkan tulisan tersebut, yaitu kita sendiri,dan bisa jadi ada banyak orang di dunia ini yang sama dengan anda dan mencari tulisan anda.

2 Jangan jadi peramal.
ketika membuat tulisan jangan selalu menembak keinginan orang lain, tapi coba tebak dulu apa keinginan diri ini. Setelah tau buatlah tulisan yang diinginkan oleh diri kita. seperti layaknya seorang yang menginkan rumah, setelah rumah ingin motor, setelah motor ingin lagi mobil, begitu seterusnya. Setelah menulis sesuatu lanjutkan mau tulis apa lagi.

3. Puji karya sendiri
Kalo bukan kita yang memuji diri kita siapa lagi yang akan memuji diri kita, orang tua kita saja jarang sekali memuji anaknya, paling dapat pujian ketika anaknya juara kelas. Selain itu, sangat jarang. Nah apa yang dirasakan ketika kita dipuji? Ada sebuah energi semangat yang membara yang luar biasa kan? Begitu pula ketika kita sudah membuat tulisan dan memuji diri sendiri maka kita akan mendapatkan sebuah energi yang luar biasa hebat dari dalam diri kita. Sehingga kita akan lebih semangat berkarya dan membuat tulisan.

4. Kenali jenis bacaan kesukaan anda
Kalau anda suka membaca berita, tentu beda gaya penulisan anda dengan orang yang suka membaca novel atau cerpen. Buatlah tulisan yang anda suka baca, kalau anda suka membaca novel ya sebaiknya menulislah dengan gaya bahasa novel, begitu juga dengan gaya bahasa berita. Kenapa? sebab anda akan menulis dan dibagi-bagikan ke orang lain. Masa anda tega membagi-bagikan sesuatu yang anda sendiri tidak suka?
OK semoga bermanfaat,

1 Response to "Tips Ngeblog: Liat Tingkahmu"

  1. yang sangat disayangkan adalah beberapa guru komputer memberikan tugas kepada siswa-siswanya membuat blog, yang pada akhirnya tidak diteruskan aktivitas bloggingnya..

    BalasHapus