Latest News

Tahun Internasional Biodiversity (Keanekaragaman Hayati) 2010

Tahun Internasional Biodiversity (Keanekaragaman Hayati) atau International Year of Biodiversity (IYB). Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mendeklasikan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity). Tema yang diambil dalam tahun biodiversity ini adalah “Biodiversity is Life, Biodiversity is Our Life”.

Logo Tahun Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity) 2010
Pendeklarasian tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati digunakan sebagai ajang kampanye global dalam menggalang kesadaran publik dunia akan pentingnya keanekaragaman hayati bagi umat manusia. Kampanye ini akan mencapai puncaknya pada COP 10 Convention on Biological Diversity (CBD) di Nagoya, Jepang yang berlangsung pada 18-29 Oktober 2010. .
Fokus kampanye diarahkan untuk:
  • menekankan pentingnya biodiversity bagi kesejahteraan umat manusia,
  • merefleksikan pencapaian upaya-upaya dalam menyelamatkan keanekaragaman hayati,
  • mendorong agar upaya tersebut dilipatgandakan guna mengurangi laju kepunahan biodiversity.
Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity) 2010 bertujuan untuk:
  • Meningkatkan kesadaran publik tentang pentingannya penyelamatan biodiversity dari ancaman utama penyebab kepunahan,
  • Meningkatkan kesadaran akan penyelesaian penyelamatan biodiversity,
  • Mendorong individu, organisasi, dan instansi pemerintah agar segera mengambil langkah tindakan yang dibutuhkan untuk mengatasi kehilangan biodiversity,
  • Mempromosikan inovatif solusi untuk mengurangi berbagai ancaman keanekaragaman hayati,
  • Mengawali dialog dengan para stakeholder tentang langkah-langkah yang diperlukan pasca 2010.
Definisi Biodiversity. Biodiversity (keanekaragaman hayati) merupakan suatu istilah pembahasan yang mencakup segala bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi.
Secara singkat definisi biodiversity merupakan keanekaragaman makhluk hidup dan hal-hal yang berhubungan dengan ekologinya, dimana makhluk hidup tersebut terdapat. Keanekaragaman hayati mencakup tiga tingkatan yang meliputi keanekaragaman genetik, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem.
Biodiversity Indonesia. Deklarasi Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (Biodiversity) ini penting bagi Indonesia mengingat Indonesia merupakan salah satu negra dengan tingkat biodiversity tertinggi di dunia.
Beberapa fakta tentang biodiversity (keanekaragmana hayati) Indonesia, antara lain:
  • Terumbu karang Indonesia mempunyai keanekaragaman yang tinggi dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 590 jenis karang batu, 2500 spesies ikan, 2500 jenis Moluska, dan 1500 spesies udang-udangan.
  • Biodiversity anggrek di Indonesia tertinggi di dunia dimana terdapat sekitar 5.000 jenis anggrek, seperti anggrek hitam, anggrek bulan, anggrek hartinah dan lainnya.
  • Biodiversity burung yang mencapai 17 % jumlam jenis burung di dunia.
  • Negara maritim terluas, garis pantai terpanjang kedua, hutan tropis terluas ketiga, jumlah spesies hiu terbanyak dan lain sebagainya
Sayangnya keanekaragaman hayati di Indonesia ini mulai terancam oleh deforestasi hutan, kepunahan spesies dan lain sebagainya.
So, dengan momen deklarasi tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Biodiversity (International Year of Biodiversity) yang dicanangkan PBB semoga membawa inspirasi buat kita semua untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keanekaragaman hayati bagi umat manusia di dunia, khususnya di Indonesia.

http://alamendah.wordpress.com/2010/05/02/tahun-internasional-biodiversity-keanekaragaman-hayati-2010/

0 Response to "Tahun Internasional Biodiversity (Keanekaragaman Hayati) 2010"