Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati

Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati atau Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia (The International Day for Biological Diversity; IBD) merupakan salah satu hari perayaan lingkungan hidup yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan kecintaan seluruh penduduk bumi terhadap keanekaragaman hayati atau biodiversitas (biodiversity). The International Day for Biological Diversity diperingati setiap tanggal 22 Mei.
Pada Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati tahun 2010 tema yang digunakan adalah “Keanekaragaman Hayati, Pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan” (Biodiversity, Development and Poverty Alleviation).
Hari Keanekaragaman Hayati (biodiversitas) tahun 2010 yang diperingati pada 22 Mei 2010 semakin terasa bermakna karena bertepatan dengan penetapan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati yang dicanangkan PBB. Hari Keanekaragaman Hayati (biodiversitas) tahun 2010 juga sejalan dengan yang akan pertemuan para pihak tentang keanekaragaman hayati (Conference of the Party Convention on Biological Diversity; COP CBD) 2010 yang akan dilaksankan dilaksanakan pada 11-28 Oktober 2010 di Nagoya Jepang.
Sejarah Hari Keanekaragaman Hayati. Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (The International Day for Biological Diversity) diperingati pertama kali pada tanggal 29 Desember 1993 berdasarkan penetapan Komite Kedua Majlis Umum PBB pada tahun 1993. Penetapan tanggal 29 Desember sebagai Hari Keanekaragaman Sedunia bertepatan dengan pelaksanaan Konvensi Tentang Kenaekaragaman Hayati (COP- Convention on Biological Diversity).
Namun pada Deseber 2000, PBB mengadopsi tanggal 22 Mei sebagai Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (The International Day for Biological Diversity). Hal ini berkaitan dengan banyaknya negara yang kesulitan untuk merencanakan dan melaksanakan Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati pada tanggal 29 Desember mengingat bertepatan dengan liburan akhir tahun.
Tanggal 22 Mei 1992 merupakan tanggal pengesahan Teks Kesepakatan Keanekaragaman (Nairobi Final Act of the Conference for the Adoption of the Agreed Text of the Convention on Biological Diversity). Pertemuan di Nairobi, Kenya yang berlangsung pada tanggal 11-22 Mei 1992 merupakan pertemuan terakhir sebelum pelaksanaan United Nations Conference on Environment and Development (3-14 Juni 1992) yang menghasilkan UN Convention on Biological Diversity (Konvensi Keanekaragaman Hayati).
Semoga Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (The International Day for Biological Diversity) dengan berbagai liku sejarah dan pelaksanaannya ini mampu menumbuhkan kecintaan seluruh manusia bumi terhadap biodiversitas (keanekaragaman hayati) di bumi.

http://alamendah.wordpress.com/2010/05/15/hari-internasional-untuk-keanekaragaman-hayati/

0 Response to "Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati"

Posting Komentar