Latest News

Pria Baru Merasa Tua Saat Umur 58


KOMPAS.com -  Rambut beruban, kepala membotak, atau kulit yang keriput rupanya tak membuat pria merasa tua. Bahkan, mereka baru merasa tua pada usia 58, demikian menurut penelitian dari Avalon Funeral Plans, sebuah perusahaan pemakaman di Inggris. Hal ini berbeda dengan yang dirasakan perempuan, karena merasa sudah merasa tua di usia 29!

Situasi apa yang membuat mereka merasa tua? Pada seperempat dari perempuan yang disurvei, yaitu ketika mereka menemukan uban untuk pertama kalinya. Sepuluh persen dari mereka merasa mulai tua ketika kulit kehilangan kilau mudanya. Melahirkan dan menyusui juga membuat 50 persen perempuan merasa tua karena hal itu memengaruhi bentuk badan mereka. Kemudian tiga persen lagi mengatakan bahwa mereka mulai menua ketika menyadari telah berperilaku seperti ibu mereka.
Di lain pihak, bagi kaum pria usia tidak membuat mereka menurun, kecuali jika kehidupan seks mereka mulai terpengaruh. Dua pertiga pria yang disurvei mengatakan bahwa "masa kejayaan" mereka telah berlalu ketika mereka tidak dapat berhubungan seks lebih lama. Kemudian, 22 persen mengaku mulai tua ketika mereka merasa musik di bar kelewat kencang.

"Perempuan mulai menganggap diri mereka tua ketika mereka tidak merasa trendi atau fashionable. Sedangkan mayoritas pria umumnya lebih berorientasi ke karier; mereka tidak merasa tua hingga mencapai usia pensiun," papar psikolog Cary Cooper, dari Lancaster University, Inggris.

Perbedaan persepsi di antara kedua gender ini ada hubungannya dengan standar yang berbeda dalam masyarakat, mengenai kemudaan dan kecantikan untuk pria dan wanita. Ada pula kesenjangan lain yang terjadi, misalnya betapa atribut fisik itu berbeda pengaruhnya pada pria dan wanita. Wanita selalu dituntut untuk selalu cantik dan langsing, sementara pria tidak.

Meskipun begitu, sebenarnya banyak juga pria yang gerah dengan stereotip ini. Menurut Christos Ballas, psikiater dari University of Pennsylvania, mereka juga merasa tertekan karena rata-rata sadar tidak akan terlihat ganteng dan seksi lagi dalam usia 50-an. Kecuali mungkin Hugh Hefner, bos majalah Playboy, yang di usianya yang ke-85 masih mampu hidup bersama beberapa perempuan sekaligus di rumah mewahnya.

0 Response to "Pria Baru Merasa Tua Saat Umur 58"