Cara Ampuh Dorong Gaya Hidup Sehat: Visualisasikan!

   
Cara Ampuh Dorong Gaya Hidup Sehat: Visualisasikan!
Visualisasikan gaya hidup dan santapan sehat anda setiap hari (Ilustrasi)
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jangan pernah remehkan efek visual makanan sehat terhadap psikologi guna membantu seseorang menjalani gaya hidup sehat. Hasil laporan singkat yang dipublikasikan Jurnal Psikologi dan Kesehatan menyebutkan visualisasi makanan sehat seperti buah-buahan mampu meningkatkan keinginan seseorang untuk hidup sehat.

"Cara lawas seperti menyuruh orang untuk mengubah pola makan tidaklah efektif," kata Bärbel Knauper, seorang profesor psikologi di McGill University di Montreal, seperti dilansir dari Healthday, Senin (7/3).

Dia menjelaskan hasil riset menunjukan jika seseorang telah membuat rencana konkret tentang apa yang akan dilakukan, lebih baik bertindak atas niat tersebut "Apa yang kita lakukan hanyalah sebatas menambahkan teknik visualisasi guna membantu usaha mereka untuk bergaya hidup sehat," jelasnya.

Sebelumnya, studi yang dilakukan Knauper dan koleganya melibatkan 177 siswa. Oleh Knauper, para siswa tersebut diminta untuk mengkonsumsi banyak buah.

Mereka diharuskan pula membayangkan bagaimana mereka akan melaksanakan rencana mereka seperti kapan, dimana dan bagaimana mereka akan membeli, menyiapkan dan mengkonsumsi buah. Hasilnya, mereka yang merencanakan mengalami peningkatan konsumsi buah dua kali lebih banyak ketimbang mereka yang tidak merencanakan atau memvisualisasikan.

"Atlet melakukan banyak usaha melatih mental penampilan mereka sebelum bersaing. Hasilnya mereka sukses menjalani pertandingan mereka. Jadi kami pikir memiliki mental seperti seorang atlet cukup ampuh untuk diterapkan dalam usaha bergaya hidup sehat," pungkasnya.

0 Response to "Cara Ampuh Dorong Gaya Hidup Sehat: Visualisasikan!"

Posting Komentar