Latest News

Ada Lho Santapan yang Membuat Cantik, Mau Tahu?

   
Ada Lho Santapan yang Membuat Cantik, Mau Tahu?
Ilustrasi
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - "Anda adalah yang anda makan"? pernahkan anda mendengar pepatah tersebut? Itu tak hanya berlaku bagi kesehatan tapi juga bagi kulit anda. Sangat masuk akal. Tubuh akan terlihat dalam kondisi terbaik bila semua bagian mendapat gizi baik dengan pola makan sehat.

Menyantap berbagai macam pilihan tentu sangat baik, karena membuka kesempatan bagi berbagi jenis vitamin dan mineral. Namun bagi anda yang peduli dengan kesehatan kulit tanpa ingin menghabiskan banyak duit untuk kosmetika dan perawatan, pastikan anda mendapat gizi tertentu yang diyakini meningkatkan kecantikan anda. Ini adalah nutrisi dasar yang membuat anda bersinar dari kepala hingga ujung kaki.

Untuk kulit anda
Omega-3

Asam lemak omega 3, merupakan kelas nutrisi ajaib yang ditemukan di kedelai, minyak kacang-kacangan dan ikan seperti salmon, sudah lama menjadi santapan berita karena baik untuk jantung. Namun, asam lemak jenis ini juga kunci untuk menjaga agar kulit tetap memiliki tekstur muda dan lembut.

Itu dimungkinkan karena omega-3 memiliki kemampuan menguatkan dinding sel, yang berarti mereka membantu sel-sel anda tetap lembab. Itu belum termasuk sifat antiperadangan yang dimiliki omega-3. Bila anda ingin terlihat bersinar pastikan ada makanan dengan kandungan tinggi omega-3 dalam menu anda.

Likopene


Ia dikenal pula sebagai karoten (atau pigmen yang larut pada lemak). Jenis nutrisi ini dapat ditemukan di tomat masak, salah satu menu terbaik yang bisa anda santap bila menginginkan kulit cantik.

Likopene bersifat antioksidan dan dapat mendongkrak kemampuan tabir surya alami pada kulit, melindungi kulit anda dari dalam dan mencegah tanda-tanda penuaan. Salah satu fakta terkait likopen, para relawan yang menyantap pasta tomat selama 10 pekan, tidak menunjukkan tanda kulit terbakar matahari ketika terpapar dengan ultraviolet dibanding dengan grup yang tak menyantap tomat.

Vitamin C


Anda paham betul ini adalah vitamin yang berperan besar pada sistem imun anda, namun ada alasan lain untuk memulai hari anda dengan asupan vitamin ini, yang bisa anda peroleh lewat anggur, strawberi, raspberi, asparagus atau jenis makanan yang tinggi vitmin). Vitamin ini cukup ampuh untuk membuat anda terlihat cantik. Fakta menurut studi pada 2007 menyatakan kaum hawa yang menganut pola makan kaya vitamin C memiliki sedikit kerut dan kadar kelembaban kulit lebih tinggi ketimbang gaya hidup serupa namun kurang Vitamin C.

Untuk Kuku dan Rambut

Vitamin B
Vitamin energi ini dapat dijumpai di semua jenis makanan, mulai dari wortel, sayuran selada hingga timur dan sudah dipandang sejak lama sebagai nutrisi terbaik untuk rambut dan kulit.

Dan dengan alasan serupa beberapa vitamin dalam keluarga B kompleks memiliki hubungan dengan kesehatan kuku. Sebagai contoh, beberaa studi menemukan bila biotin dalam vitamin B mendongkrak produksi keratin dalam tubuh, protein yang dapat meningkatkan kecantikan kulit dan rambut.

Dalam sebuah studi pada 2001, wanita yang mengalami alopesia (kondisi yang menyebabkan rambut rontok) akhirnya mengalami perbaikkan pada kualitas rambut setelah mengonsumsi B6 beberapa pekan. Tipe vitamin ini membuat rambut lebih kuat, terlihat lebih mengilap. Kini periset juga meyakini bahwa vitamin itu memiliki manfaat serupa untuk kuku.

Belerang


Elemen ini dapat ditemukan dalam daging, ikan, daging unggas, telur, susu, bawang daun, bawang putih dan kubis serta beberapa sumber lain. Unsur ini sangat esensil untuk menjaga kuku cantik anda tetap kuat, tidak retak, pecah, atau terkelupas.

Salah satu bukti diambil dari studi kecil. Setelah enam pekan para partisipan mengonsumsi suplemen belerang, bernama Metilsulfonilmetane (MSM), 50% partisipan memiliki perpanjangan kuku dan ketebalan yang sangat kentara. Grup yang mengonsumsi MSM memiliki percepatan pertumbuhan kuku 2,5 kali lipat ketimbang mereka yang mengonsumsi MSM seadanya.

0 Response to "Ada Lho Santapan yang Membuat Cantik, Mau Tahu?"