Latest News

Bakteri Tuberkulosis dalam tubuh manusia ada yang melindungi

Ternyata di dalam tubuh manusia terdapat suatu sel yang disebut sebagai sel punca yang dapat melindungi sel tuberkulosis selama bertahun bahkan puluhan tahun.
Para peneliti menjelaskan bahwa sistem imun kita mengahasilkan sel T yang dapat membunuh bakteri Tuberkulosis (TB), namun tubuh juga menyebarkan sel punca mesenkimal (MSC) ke lokasi infeksi TB.
MSC ditempatkan di lokasi infeksi kemudian membangun hambatan antara sel T (tipe limfosit dan berfungsi untuk membunuh bakteri tersebut) dengan bakteri tersebut, begitu menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of National Academy of Sciences.
MSC adalah sel induk yang diproduksi oleh sumsum tulang yang kemudian berkembang menjadi berbagai sel dan jaringan di dalam tubuh seperti tulang dan tulang rawan, menurut Gobardhan Das, peneliti pada Pusat Internasional untuk Rekayasa Genetika dan Biologi di New Delhi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian Das dkk terhadap tikus yang diinfeksi dengan TB yaitu ditemukannya MSC pada semua bagian yang diinfeksi TB seperti paru dan limfa. Mereka juga menemukan MSC pada ekstrak kelenjar limpa dari manusia yang terserang TB. MSC menghasilkan nitrat oksida yang mebunuh bakteri namun jumlahnya belum cukup untuk membunuh bakteri TB.
http://id.shvoong.com/medicine-and-health/2084379-bakteri-tuberkulosis-dalam-tubuh-manusia/

0 Response to "Bakteri Tuberkulosis dalam tubuh manusia ada yang melindungi"