SYNDROM GENETIK MANUSIA


Manusia terstruktur pada setiap sel tubuhnya selalu terdapat kromosom sebanyak 46 (2n) dimana 44 kromosom disebut AUTOSOM , 2 kromosom sex ( GONOSOM ) , dimana dari gonosom ini dapat menetukan jenis kelamin manusia misalnya 44A XX maka jenisnya wanita , 44AXY berjenis laki laki .
Karena terjadinya anomalia berupa syndrom genetik ini melalui proses fertilisasi sel kelamin , maka kita bisa mengingat kembali bagaimana sperma menemui ovum di saluran telur ( tuba falopii) dan bagaimana pembentukan ganet gamet itu dalam gametogenesis.
Gametogenesis secara singkat dibentuk di kelenjar kelamin (gonade) secara miosis dari diploid (2n) mereduksi menjadi haploid (n) apabila laki dengan karyotipe 44AXY akan membentuk sperma Y (22AY) dan Sperma X (22AX) sedang si wanita akan membentuk ovum 22AX . dari sel kelamin yang tersedia dipastikan seorang laki laki sangat menentukan jenis kelamin karena seorang laki mampu membentuk variasi sperma yaitu sperma X dan sperma Y artinya jika sperma Y (22AY) ketemu Ovum (22AX) maka terbentuklah anak laki laki (44AXY) begitu pula jika sperma X ketemu ovum yang selalu X akan membentuk seorang bayi Wanita (44AXX) .
Bagaiman dengan Anomalia itu . OK
Ketika dalam keadaan tidak normal dalam pembentukan kelamin banyak hal yang muncul kejadian Un Predictable misalnya terjadi gagal berpisah (non Disjungsion) .
Dari sinilah cikal bakal syndrom dimulai
Yang seharusnya dibentuk sperma 22AX/22AY menjadi dibentuk 23 AX atau 22AXY atau 22AO atau 22AYY begitu pula pada gametogenesis di ovarium dibentuk ovum 22AX menjadi 22AXX atau 23 AX
Apa yang terjadi dari data gametogenensis yang tidak normal itu jika terjadi fertilisasi antar sel kelaminnya. OK
Kami akan beri data ke anda semua kejadian anomalia pada manusia dengan type karyotipenya


0 Response to "SYNDROM GENETIK MANUSIA"

Posting Komentar