Latest News

Semua Tentang Kopi Luwak yang fenomenal

Kopi luwak  - Kopi ini sempat menjadi buah bibir di Negara Indonesia, Dikarenakan rasanya yang menurut sebagian besar orang merupakan Kopi terenak di Dunia. Selain itu proses penyajian kopi luwak yang termasuk unik dan menjadi perdebatan di Kalangan Agama. 

Sejarah Kopi Luwak

Sebagai orang Indonesia kita mesti berbangga diri mengingat kopi luwak merupakan kopi yang berasal dari Kepulauan Nusantara ini. Sejarahnya dimulai dari ketika Negara Indonesia masih dijalah Oleh Bangsa Belanda, saat itu warga negara Kita dipaksa untuk jadi petani Kopi. Adapun saat itu sumber Bibit kopi di datangkan dari negara Yaman. Kopi pada waktu itu hanyalah jadi konsumsi para tentara kolonial belanda, sehingga warga pribumi tidak boleh mencicipi rasa dari kopi tersebut. Akan tetapi warga lokal Indonesia tetapi berminat untuk mencoba mencicipi rasa kopi tersebut.

kopi luwak

ilustrasi : id.wikipedia.org

Hingga diketahuilah bahwa ada sejenis musang yang selalu memakan biji kopi tersebut yakni  Luwak. Kebiasaan Musang luwak ketika makan kopi adalah Ia hanya memakan biji kopi yang sudah benar-benar masak, ia tidak akan memakan biji luwak yang masih mentah ataupun setengah masak. Kemudian biji kopi yang dimakan oleh Luwak tersebut ternyata tidak dapat dihancurkan oleh pencernaan Luwak yang sederhana. Sehingga ketika si musang luwak ini buang hajat ,maka di dalam kotorannya masih terdapat biji-biji kopi yang masih tebungkus oleh selaput pembungkusnya.Biji kopi inilah yang kemudian dipungut oleh warga kemudian dicuci, disangarai, di tumbuk dan diseduh dengan air panas.

Ternyata kopi dari hasil makanan luwak tersebut sangat nikmat, hingga terciumlah oleh pemilik kebun mengenai kenikmatan kopi luwak. Sehingga Kopi luwak menjadi kopi kegemaran orang belanda waktu itu. Cara pembuatan kopi luwak yang cukup unik dan rasanya yang sangat nikmat membuat kopi luwak menjadi Kopi Termahal di dunia.Banyak yang mengganggap bahwa kopi luwak menjadi kopi kkualitas no 1 di dunia dikarenakan biji kopi luwak dipilih oleh hewan musang berdasarkan dari biji yang terbaik dan sudah pas masaknya.

Ternyata kehadiran musang luwak pada waktu itu menjadi berkah tersendiri bagi rakyat Indonesia hingga sekarang, sebab Kopi luwak menjadi minuman yang memiliki cita rasa mendunia. Adapun Harga Kopi luwak berkisar Antara Rp. 50.000- Rp.100.000 per gelasnya, Luar biasa mahal. Bandingkan dengan kopi biasa yang hanya seharga rP. 3.000- Rp. 5.000 per gelas

Cara Membuat Kopu luwak

Sebenarnya cara pembuatan kopi luwak sama saja dengan pembuatan kopi biasa. Hanya saja terdapat perbedaan di dalam pengolahan biji Kopinya. Berikut cara-cara pembuatan Kopi luwak :

- Pertama-tama biji kopi luwak diambil dari sisa-sisa kotoran musang luwak, kemudian dibersihkan dengan menggunakan air yang mengalir.

- Setelah bijinya bersih, masih terdapat bagian kulit ari yang menempel pada biji kopi luwak yang mesti di kupas hingga bersih.

- Biji kopi dijemur dan di tumbuk halus. Setelah itu bubuk kopi luwak tersebut bisa diseduh dengan Air panas.

Kopi luwak Halal atau Haram?

Pernah menjadi kontroversi di Kalangan pemerintah dan MUI mengenai kehalalan Kopi luwak. Ada yang menganggap bahwa Kopi luwak itu Haram diminum, sebab cara pembuatan kopi luwak yang tidak biasa, yakni dengan menggunakan Biji kopi yang berasal dari tinja Musang luwak. Tetapi setelah melalui prdebatan panjang, ternyata jawabannya ada pada proses pembuatan kopinya.

Ketika Proses pembuatan kopi luwak tersebut sesuai prosedur maka kopi luwak tidak menjadi haram. Adapun cara pembuatan kopi luwak yang benar yaitu dengan mengupas Kulit ari yang terdpat pada biji kopi luwak, walaupun elah menjadi tinja, ternyata bagian kulit ari dari biji KOpi luwak tidak ikut hancur, hal ini dikarenakan sistem pencernaan Luwak yang masih sederhana.

1 Response to "Semua Tentang Kopi Luwak yang fenomenal"