Coto kuda, Saingannya Coto makassar


Coto Kuda - Coto kuda adalah salah satu makanan khas derah jeneponto kabupaten jeneponto sulawesi selatan. Coto kuda terbuat dari daging kuda yang dipilih bukan untuk digunakan sebagai pekerja. Coto kuda banyak ditemukan di daerah sekitar jeneponto, bantaeng, gowa dan makassar.
Saya sendiri baru 1 kali memakan coto kuda ini, sebab sangat sedikit sekali warung makan yang menyediakan coto kuda. saya lebih sering memakan coto makassar.  Beberapa hari yang lalu setelah pengumuman pemenang lomba menulis biologi yang saaya adakan, saya diajak seorang teman dekat untuk mencoba cita rasa dari coto kuda yang fenomenal ini. Kebetulan dia adalah orang asli jeneponto yang tahu banyak tentang coto kuda ini. Kami diajak di salah satu warung makan pinggir jalan di kota makassar. Tepatnya di jalan sultan alauddin makassar terdapat warung yang menyediakan coto kuda. Namanya warung daeng gassing. Selain menyediakan coto kuda, juga menyediakan conro kuda san pallu basa.

Tetapi saya sangat penasaran ingin mencicipi raa coto kuda. Saya pun memesan 1 porsi coto kuda, untuk 1 porsi coto kuda kita harus merogoh koceh sebesar Rp. 15.000 harga yang relatif terjangkau. Setelah coto kuda disajikan, awalnya saya merasa ragu untuk mencobanya, tetapi teman saya terus mengatakan kalau coto kuda ini sangat enak, beda rasanya dengan coto makassar. Sayapun akhirnya memberanikan diri untuk menyeduh 1 sedok daging kuda ini. Pas masuk dilidah rasanya sama saja dengan coto makassar, tetapi ketika digigit rasanya lebih lembut daripada daging sapi. Jadi lebih enak ketika di makan.
Menurut kebanyakan orang coto kuda memiliki beragam manfaat, nanti ditulisan selanjutnya akan saya bahas lagi. Coto kuda dan oto makassar memang berbeda, kalau menurut lidah saya tetap lebih enak coto makassar dari sisi kuahnua, coto kuda urutan ke dua. Tetapi dari sisi dagingnya lebih enak coto kuda dibandingkan coto makassar
berikut ini gambar coto kuda makanan khas Kabupaten jeneponto
Penjual coto kuda
Coto kuda disajikan dengan 1 piring nasi

                                                                         

0 Response to "Coto kuda, Saingannya Coto makassar"

Posting Komentar