Latest News

Ular Laut sepertinya Monoandri

Ular laut memiliki banyak keunikan. Setiap betina dari ular yang melayang menembus samudera ini hanya membolehkan satu jantan untuk menjadi ayah anak-anaknya.


Dalam dunia reptil, reptil betina kawin dengan banyak jantan untuk menghasilkan satu keturunan. Namun ketika Vimoksalehi Lukoschek dari Universitas James Cook di Townsville, Queensland, Australia, memutuskan memeriksa fakta ini pada ular elapid, famili yang mencakup kobra dan ular laut, ia menemukan hal baru.
Lukoschek memeriksa 12 ular laut betina yang hamil, dari enam spesies, yang terbunuh akibat jala nelayan. Ia mengambil sampel DNA dari betina maupun janinnya yang gagal lahir, dan menggunakan 10 potongan genom yang sangat berbeda untuk mengetahui seberapa banyak jantan yang menyumbang untuk tiap anak. Herannya, tiap keturunan hanya memiliki satu ayah.
“Perbedaan dengan kelompok lain yang kami pelajari sangat besar,” kata Richard King dari Universitas Illinois Utara di DeKalb. Pro dan kontra dari perkawinan tunggal dan jamak masih belum sepenuhnya dipahami, kata beliau.
Ukuran sampelnya kecil, kata Tobias Uller dari Universitas Oxford memperingatkan. “Tiga dari enam spesies diwakili hanya dengan satu individu,” lanjutnya.
Lukoschek mengatakan ia tidak punya penjelasan mengapa betina sangat selektif.
 
Sumber : http://www.faktailmiah.com/2011/04/30/ular-laut-sepertinya-monoandri.html

0 Response to "Ular Laut sepertinya Monoandri"