Latest News

Multivitamin Tak Cegah Kanker dan Sakit Jantung

shutterstock

Kompas.com — Mengonsumsi multivitamin sudah menjadi bagian dari orang modern untuk melindungi dirinya dari penyakit kronik. Bahkan, beberapa riset menunjukkan, kapsul vitamin bisa mencegah kanker atau serangan jantung.
Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 18.000 orang, para ilmuwan menemukan tidak ada perbedaan risiko kematian akibat penyakit kanker dan jantung pada orang yang mengonsumsi suplemen vitamin atau pun yang tidak.
"Masyarakat perlu mengerti bahwa mengonsumsi multivitamin tertentu saja tidak cukup untuk mencegah penyakit," kata Jennifer Hsiang-Ling Lin, asisten profesor dari Brigham and Woman Hospital, Boston.
Beberapa penelitian juga tidak menemukan kaitan antara multivitamin dan penyakit kronik seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.
Dalam situsnya, National Institute of Health, Amerika, menganjurkan agar para dokter meresepkan multivitamin hanya kepada pasien yang memang butuh tambahan vitamin, kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, atau tidak bisa mendapatkan manfaat utuh dari vitamin yang terkandung dalam makanan.
Akan tetapi, kebanyakan orang mengonsumsi vitamin setiap hari dengan tujuan mencegah penyakit atau meningkatkan stamina.
Lin mengatakan, mengonsumsi multivitamin memang tidak berbahaya untuk tubuh, tapi bisa menguras kantong. Menurut data, orang Amerika menghabiskan 3 dollar-16 dollar per bulan untuk vitamin.


http://health.kompas.com/read/2011/03/25/06545331/Multivitamin.Tak.Cegah.Kanker.dan.Sakit.Jantung

0 Response to "Multivitamin Tak Cegah Kanker dan Sakit Jantung"