Listrik dari Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) –

Akhirnya, pelaksanaan Ekspo Hasil Karya Teknik Elektro Untan terselenggara. Karya-karya mahasiswa Fakultas Teknik dipertontonkan di Pontianak Convention Centre (PCC) pada tanggal 9-14 Maret 2011 lalu.

Dalam presentasi yang disampaikan oleh tujuh orang nara sumber, yaitu seorang dosen pembimbing jurusan Teknik Elektro, Ferry Hadary dan enam orang mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Lingkungan dijelaskan penemuan mereka tentang listrik dari kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis). Penjelasan mencakup alat, bahan, cara kerja dan tahap penelitiannya. Untuk memulai pengaliran listrik langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengekstrak bunga kembang sepatu yang mengandung antosianin yang dapat menyerap dan meneruskan spectrum cahaya tampak. Zat warna itu berfungsi sebagai photosensititizer, yang dikenal sebagai teknnologi sistem sel surya pewarna tersensitisasi atau SSPT dan terdiri dari transparent conduction oxide (TCO) yang dapat berfungsi sebagai elektroda. Kemudian TCO dijepitkan ke semi konduktor Titanium dioxide (TO) atau kutub negatif yang sebelumnya telah direndam dalam larutan zat warna, hasil ekstrak tanaman, larutan elektrolit, serta satu tambahan lapisan karbon yang berfungsi sebagai elektroda karbon atau kutub positif. Perangkaian SSPT ini dikenal dengan metode Sandwich. Adapun prinsip kerjanya ialah foton yang berasal dari cahaya matahari akan diserap oleh zat warna dan akan menghasilkan electron. Electron ini akan dipindahkan dengan cepat ke semi konduktor yang kemudian akan dialirkan ke elektroda, kemudian electron akan berpindah melalui perantara larutan elektrolit (berlaku proses redoks) dan kembali lagi ke zat warna. Melalui serangkaian proses ini maka dihasilkan listrik. Setelah material-material tersebut diatas tersusun dengan baik, selanjutnya dilakukan pengukuran di bawah sinar matahari secara langsung (outdoor) dengan menggunakan multimeter digital yang difungsikan sebagai voltmeter.
Selain presentasi dan demo tentang listrik dari kembang sepatu, kegiatan yang tidak kalah menarik ialah seminar, animasi dan video tentang robot, presentasi tentang IT untuk keamanan rumah pintar, perkantoran, dan tes IQ, demo robot penghindar halangan (obstacle avoidance) serta robot penjejak lintasan (line tracking).

http://www.faktailmiah.com/2011/04/04/listrik-dari-kembang-sepatu-hibiscus-rosa-sinensis-%E2%80%93-hasil-karya-mahasiswa-untan.html

0 Response to "Listrik dari Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) –"

Posting Komentar