Optimalisasi Koneksi Internet dengan TCP/IP Optimizer

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengoptimalkan kecepatan koneksi internet kita, antara lain bisa dengan menonaktifkan network protokol yang tidak diperlukan, modifikasi Firefox, modifikasi registry, melakukan blok image dan animasi, memanfaatkan software FullSpeed, dan SpeedConnect. Nah, untuk tulisan kali ini, saya coba menginformasikan cara lain optimasi koneksi, yaitu dengan mamanfaatkan software TCP/IP Optimizer.

Apa sih TCP/IP?
Berdasar beberapa referensi yang saya baca TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah bahasa dasar komunikasi internet atau protokol internet. Tapi walaupun istilah ini berkaitan dengan internet bukan berarti hanya dipergunakan untuk koneksi internet saja, tapi protokol ini bisa juga diterapkan dalam sebuah jaringan komputer yang tidak terhubung dengan internet (intranet).
TCP/IP itu sendiri adalah dua hal (dua layer) yang saling berkaitan. TCP adalah bagian yang melakukan pengolahan/pengubahan data request data dari komputer client menjadi beberapa bagian dan mengirimkan bagian-bagian tersebut tersebut melalui IP sampai ke tempat tujuan dan diterima TCP dari komputer lain yang menggabungkan kembali bagian-bagian tersebut menjadi paket data yang utuh sesuai dengan request dari komputer client.
Itu pengertian dasar tentang TCP/IP yang saya tahu. Tapi di sini saya tidak akan menjelaskan lebih jauh tentang TCP/IP selain saya sendiri juga tidak tau lebih jauh (he he he he), seperti pengantar di atas, di sini saya hanya ingin menginformasikan sebuah software yang sebenernya sudah ada cukup lama yaitu TCP/IP Optimizer yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan fungsi dari TCP/IP dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan dari koneksi internet.
Sebelum saya mulai silahkan download software TCP/IP Optimizer di Freeware dan Software Download., jangan kuatir program ini sifatnya freeware, jadi kita bisa menggunakan secara bebas, tanpa harus registrasi ataupun membayar dengan sejumlah uang tertentu.
Jika sudah didownload, silahkan install software tersebut, dan jalankan. Ada beberapa proses setup sederhana yang harus dilakukan sebelum software ini memberikan efeknya. Pertama, pada tab General Settings, kita tentukan kecepatan koneksi kita. Sebagai contoh, misalnya kita gunakan koneksi Broom dengan quota maksimal 256kbps, maka kita geser slider Connection Speed pada angka 256.
Kedua, kita masuk ke Network Adapter selection, kita pilih sarana koneksi internet yang kita pergunakan (modem, WiFi, kabel jaringan). Jika dalam pilihan tersebut kita tidak menemukan adapter yang kita pakai (sebagai contoh modem ponsel), silakan centang pada pilihan Modify All Network Adapters.
Terakhir kita pilih Optimal settings. Jalankan optimasi dengan menekan Apply changes.
Sebelum proses optimasi berjalan, akan muncul panel konfirmasi, pastikan pilihan Backup tercentang, ini akan bermanfaat jika kita ingin merestore kembali seting TCP/IP sesuai kondisi awal. Untuk melakukan backup bisa melalui menu File, dan Restore (ada pada panel awal dari software TCP/IP Optimizer ini).
Restart komputer, dan kita bisa mencoba hasil dari optimasi ini dengan melakukan browsing.
Oke demikian informasi singkat ini, semoga bermanfaat. Informasi download TCP/IP Optimizer dapat dilihat di Freeware atau di Software Download dan Software Database.

0 Response to "Optimalisasi Koneksi Internet dengan TCP/IP Optimizer"

Posting Komentar