MINERAL NUTRITION

Nutrisi Mineral
Di tinjau dari cara tumbuhan memperoleh makanan organiknya, tumbuhan dapat di bagi dalam 2 kelompok tumbuhan autotrof dan tumbuhan heterotrof. Baik tumbuhan autotrof maupun heterotrof memerlukan nutrisi mineral dari lingkungannya.
Dari analisis kimia terhadap senyawa-senyawa yang terkandung dalam tumbuhan dan uji coba mineral terhadap pertumbuhan akhirnya di di ketahui terdapat 16 macam mineral, yang di kelompokkan dalam dua kelompok, Makroelemen dan mikroelemen. makroelemen terdiri dari unsur hara pokok yaitu unsur C, H, O, N, P, K, S, CA Fe, Mg. Dan kelompok ke dua yang merupakan mikroelemen yang di sebut sebagai unsur hara pelengkap yaitu terdiri dari unsur-unsur Mn, B, Cu, Zn, CL, Mo.
Elemen-elemen itu tidak boleh tidak ada dalam tumbuhan karena akan mengganggu pertumbuhan, hingga dapat mengakibatkan kematian pada tumbuhan.
Di atas merupakan gambar-gambar dari tanaman yang mengalami kekurangan unsur-unsur antara lain kekurangan –Fe, -Cu, -Cl, -Ca, B, -Mg, -Mn, -Mo, -N, -P, -S, -Zn, -K. Terlihat dr bagian daun, ada yang terlihat menguning, menimbulkan bercak kuning, bagian tulang daun yang terlihat seperti terbakar, bagian ujung daun yang terlihat terbakar. Hingga bagian batang yang terlihat seperti terbakar dan menguning.
http://anugrahjuni.wordpress.com/biologi-in/mineral-nutrition/

0 Response to "MINERAL NUTRITION"

Posting Komentar