Chlorpromazine 2,5% dan Neurobiovit®

Chlorpromazine (CPZ) dapat mengurangi atau mencegah muntah yang disebabkan oleh rangsangan pada chemoreceptor triger zone ( suatu daerah dengan banyak reseptor, yang letaknya berdekatan dengan pusat muntah di sumsum-sambung pula, tetapi diluar rintangan darah-otak ). Muntah yang disebabkan kelainan saluran cerna atau vestibuler kurang dipengaruhi.CPZ menimbulkan efek sedasi dengan disertai sifat acuh tak acuh terhadap lingkuk\ngan. Batas keamanan CPZ cukup tinggi, sehingga obat ini cukup aman. Dosis untuk anjing 2 mg/kg berat badan (Plumb, 1999). Absorpsi obat dalam saluran cerna cepat dan sempurna, ketersediaan hayatinya 32 ± 19 %. Kadar plasma tertinggi dicapai dalam 2-4 jam setelah pemberian secara oral, ± 93-98 % obat terikat oleh protein plasma, waktu paronya 30 ± 7 jam. Pada pemberian secara intramuskuler, awal kerja obat cepat ± 20-30 menit. Kadar obat dalam plasma 4-10 kali lebih besar disbanding pemberian secara oral dan kadar plasma tertinggi dicapai dalam ± 2-3 jam.
  1. Neurobiovit®
Neurobiovit mengandung tiamin hidroklorida (vitamin B1), piridoksin hidroklorida (vitamin B6), sianokobalamin (vitamin B12), dan lidokain hidroklorida. Neurobiovit merupakan kombinasi antara vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang sangat penting dalam metabolisme susunan saraf.
Vitamin B1 mempunyai peranan penting dalam metabolisme saraf, sangat efektif terhadap defisiensi yang berhubungan dengan gangguan sistem susunan saraf, disamping pada defisiensi, tiamin juga dipergunakan pada neuralgia.
Vitamin B6 adalah ko-enzim yang terlibat dalam proses metabolisme protein dan asam-asam amino, antara lain pada pengubahan triptofan menjadi serotonin. Juga mempunyai peranan agak ringan pada metabolisme karbohidrat dan lemak, sangat efektif untuk pengobatan hyperemis pada waktu kehamilan, gagguan pada susunan saraf pusat serta gangguan pada kulit.
Vitamin B12 memegang peranan penting pada pembentukan asam inti (nukleat) DNA dan RNA serta pembelahan sel. Maka kekurangan vitamin ini pertama-tama nyata pada system pembentukan sel-sel darah(hemapoesis), yaitu sebagai anemi megaloblaster dengan kelainan-kelainan di saluran pencernaan, mempunyai khasiat anabolic dan merupakan factor intrinsic yang aktif dalam pembentukan haemoglobin. Lidokain hodroklorida dalam neurobiovit adalah suatu anastesi local kuat untuk menghilangkan rasa nyeri.

http://yudhiestar.blogspot.com/2010/11/chlorpromazine-25-dan-neurobiovit.html

0 Response to "Chlorpromazine 2,5% dan Neurobiovit®"

Posting Komentar