Bunga

Bunga merupakan modifikasi dari daun dan batang ,dan brkembang dari pucuk yang tumbuh menjadi ranting diiringi daun-daun yang terspesialisasi pada ruas dan buku yang sangat rapat. Pada ujung ranting tersebut membengkak sebagai dasar bunga(receptaculum) dan dibawahnya terdapat tangkai bunga (pedicle) . Hal ini membuktikan dengan adanya bagian-bagian bunga yang berbetuk lembaran seperti daun dan bagianyang bulat seperti batang. Bila daun seperti itu terdapat pada dasar tangkai perbungaan dan melindungi keseluruhan perbungaan disebut dengan seludang bunga (spatha) seta daun pelindung untuk setiap bunga disebut dengan brakteola. Bunga biasanya terdapat di ujung –ujung daun atau btang disebut dengan terminalis dan ada juga yang terdapat pada ketiak daun disebut bunga axilaris.
A. Morfologi bunga secara umum
Bunga biasanya terdiri dari:
1. Perhiasan bunga (periantium) yang terdiri dari:
a. Sepal /daun kelopak (sepalun; jamak sepala). Keseluruhan daun kelopak disebut kaliks (calyx).
b. Petal/daun mahkota (pelalum,jamak petala). Keseluruhan petal (daun mahkota) disebut korola (corolla).
c. Perigonium/tenda, bila bentuk sepal dan petal tidak dapat dibedakan maka disebut tepal (tepalum, jamak tepala).
2. Alat kelamin yang terdiri dari :
a. Stamen atau benang sari. Keseluruhan stamen bunga disebut androecium. Bahagiannya adalah kepala sari (anthera) yang berisi serbuk sari (pollen) serta tangkai sari (filamen).
b. Pistilum (putik) terdiri dari ovarium,stilus dan stigma.Ovarium di susun oleh karpel atau daun buah.Umumnya berjumlah lebih dari satu.Keseluruhan karpel disebut dengan gynoecium atau putik.Jika bunga memiliki satu karpel atau lebih yang semuanya bersatu maka karpel tersebut disebut dengan pistilium.Di dalam ovarium terdapa bakal biji (ovulum).

0 Response to "Bunga"

Posting Komentar