Ilmuwan Merekayasa Sel Induk Dewasa yang Tidak Menua

Sel-sel yang diubah oleh peneliti UB tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan, tetapi sebaliknya berfungsi sebagaimana sel induk mesenchymal biasa lakukan.

Para peneliti Biomedis dari University at Buffalo telah merekayasa sel induk dewasa yang ilmuwan dapat tumbuh terus menerus dalam kultur, sebuah penemuan yang dapat mempercepat pengembangan pengobatan efisien-efektif untuk penyakit termasuk penyakit jantung, diabetes, gangguan imun dan penyakit saraf degeneratif.
Para ilmuwan UB menciptakan baris sel baru – bernama “MSC Universal” – dengan mengubah sel-sel induk mesenchymal, yang ditemukan di sumsum tulang dan dapat berdiferensiasi menjadi tipe sel termasuk tulang, tulang rawan, otot, lemak, dan sel islet beta-pankreas .
Para peneliti mengatakan terobosan ini mengatasi frustasi yang menghalangi kemajuan di bidang kedokteran regeneratif: Kesulitan tumbuh sel induk dewasa untuk aplikasi klinis.
Karena sel induk mesenchymal memiliki hidup yang terbatas di dalam kultur laboratorium, para ilmuwan dan dokter yang menggunakan sel-sel dalam penelitian dan perawatan terus-menerus harus mendapatkan sampel segar dari donor sumsum tulang, suatu proses yang mahal dan memakan waktu. Selain itu, sel-sel induk mesenchymal dari donor yang berbeda dapat bervariasi dalam kinerja.

Sel-sel yang diubah oleh peneliti UB tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dalam kultur, tetapi sebaliknya berfungsi sebagaimana sel induk mesenchymal biasa lakukan – termasuk dengan memberikan manfaat terapeutik dalam studi penyakit jantung hewan. Meskipun kecenderungan mereka berkembang biak di laboratorium, sel-sel MSC-Universal tidak membentuk tumor dalam pengujian hewan.

“Penelitian sel induk kami adalah dikendalikan dengan aplikasi,” kata Techung Lee, PhD, profesor asosiasi biokimia dan rekayasa biomedis di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Biomedis dan Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan, yang memimpin proyek tersebut. “Jika Anda ingin membuat terapi sel induk yang layak, terjangkau dan reproduktif, kita tahu Anda harus mengatasi beberapa rintangan. Sebagian dari masalah dalam industri perawatan kesehatan kita adalah bahwa Anda harus kembali berobat, tetapi sering kali biaya terlalu banyak. Dalam kasus perawatan sel induk, mengisolasi sel induk sangatlah mahal. Sel yang telah kami rekayasa berkembang terus di laboratorium, yang menurunkan harga perawatan.”
UB telah mengajukan permohonan paten untuk melindungi penemuan Lee, dan Office of Science, Technology Transfer and Economic Outreach (UB STOR) universitas telah membahas potensi perjanjian lisensi dengan perusahaan yang tertarik untuk mengusahakan MSC-Universal.
Sel induk membantu meregenerasi atau memperbaiki jaringan yang rusak, terutama dengan mengeluarkan faktor pertumbuhan yang mendorong sel-sel yang ada dalam tubuh manusia menjadi berfungsi dan tumbuh.
Pekerjaan Lee yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa fitur ini membuatnya layak untuk memperbaiki kerusakan jaringan dengan menyuntikkan sel-sel induk mesenchymal ke otot kerangka, prosedur yang kurang invasif dibandingkan dengan suntikan sel-sel langsung ke organ yang membutuhkan perbaikan. Dalam model tikus yang gagal jantung, Lee beserta kolaboratornya menunjukkan bahwa pengiriman intramuskular sel induk mesenchymal meningkatkan fungsi bilik jantung dan pembentukan jaringan bekas luka berkurang.
Manajer komersialisasi UB STOR, Michael Fowler, berpendapat MSC-Universal bisa menjadi kunci untuk membawa terapi regeneratif baru ke pasar. Sel-sel yang sudah dimodifikasi dapat menyediakan perawatan kesehatan dari para profesional dan perusahaan farmasi yang memiliki persediaan terbatas sel induk untuk tujuan terapeutik, kata Fowler.
Lee mengatakan tim penelitinya telah menghasilkan dua baris sel MSC-Universal: baris manusia dan baris babi. Dengan menggunakan teknik rekayasa yang ia dan rekannya kembangkan, para ilmuwan dapat menghasilkan garis MSC-Universal dari sampel donor sel induk mesenchymal, katanya. “Saya membayangkan, jika sel-sel ini menjadi rutin digunakan di masa depan, seseorang dapat menghasilkan sebuah baris dari setiap kelompok etnis untuk setiap gender bagi orang untuk memilihnya,” kata Lee.
Penelitian ini didanai oleh National Institutes of Health dan New York State Stem Cell Science(NYSTEM).
Sumber: sciencedaily.com
Berita di atas berasal dari bahan-bahan yang disediakan oleh Universitas di Buffalo, melalui EurekAlert!, Sebuah layanan AAAS.

0 Response to "Ilmuwan Merekayasa Sel Induk Dewasa yang Tidak Menua"

Posting Komentar